content top

Sabtu, 30 Juli 2011

Kartini di Belanda


Kartinistraat di Utrecht, Belanda
Belanda memang tidak memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April, tetapi Belanda menghargainya sebagai salah satu tokoh hebat pejuang hak-hak perempuan. Buktinya, di Belanda, nama Kartini menjadi nama jalan di lebih dari satu kota!

Di Utrecht, Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat terletak di kawasan tenang dengan perumahan apik dan kebanyakan dihuni kalangan menengah. Jalan utama ini berbentuk ‘U’ yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Chez Geuvara, Agostinho Neto.

Di Venlo, Belanda Selatan, jalan R.A. Kartinistraat berbentuk ‘O’ di kawasan Hagerhof. Di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.
Amsterdam, ibukota Belanda, juga mengabadikan nama Kartini. Wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya ada nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.
Ada pula jalan Kartini di daerah Haarlem. Di sana jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, serta Sutan Sjahrir.


content top