content top

Kamis, 10 Februari 2011

Seminar Fisika 2011

Seminar Fisika 2011 dengan tema ”Kontribusi Fisika dalam Pengembangan Energi Terbarukan”


 
Perkembangan IPTEK membawa manfaat dan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia. Kemajuan IPTEK tersebut tentunya didukung oleh kemajuan ilmu-ilmu dasar, misalnya Matematika, Kimia, Matematika, Biologi, Astronomi, dan Fisika. Dalam hal ini, Fisika sebagai salah satu ilmu dasar, menyumbangkan konsep, prinsip, dan hukum dalam mendasari pengembangan IPTEK. Semakin majunya kehidupan manusia mensyaratkan akan semakin besarnya kebutuhan terhadap sumber energi. Sekarang ini manusia dihadapkan pada semakin menipisnya ketersediaan energi berbahan dasar fosil. Usaha-usaha telah dilakukan untuk lebih mengefisienkan penggunaan sumber energi fosil tersebut yang tergolong sebagai sumber energi yang tak terbarukan. Usaha-usaha penghematan dan efisiensi tersebut harus didukung pula dengan usaha untuk mencari sumber energi lain terutama sumber energi yang terbarukan (renewable energy resources). Beberapa sumber energi yang tergolong menjanjikan di antaranya adalah energi matahari, energi angin, energi panas bumi, energi nuklir, biofuel, dan lain sebagainya. Fisika sebagai ilmu dasar mempunyai peran yang sangat strategis dalam pengembangan energi terbarukan tersebut. Ilmu Fisika berperan besar dalam pencarian sumber-sumber energi terbarukan tersebut, peningkatan efisiensi pemanfaatannya serta yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan keamanan dan keselamatan manusia baik dalam proses eksplorasi energi maupun penggunaannya. Untuk maksud ini, penelitian-penelitian intensif terhadap berbagai bidang berdasarkan Fisika harus menjadi salah satu perhatian dan prioritas pokok. Untuk mengembangkan Kajian Fisika tidak cukup hanya di perguruan Tinggi atau Lembaga Riset saja, tetapi harus dimulai sejak dini di sekolah-sekolah Dasar dan sekolah Lanjut agar minat terhadap Fisika dapat lebih luas.

Dengan dilatarbelakangi hal tersebut di atas, Program Studi Magister Pengajaran Fisika bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Cabang Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Fisika 2011 dengan mengambil tema ”Kontribusi Fisika dalam Pengembangan Energi Terbarukan”. Seminra sehari ini diadakan pada Hari Rabu tanggal 16 Februari 2011 bertempat di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB. Pembicara pada seminar ini adalah: Prof. Dr. Toto Winata, Dr. Eng Abdul Waris, Dr. Eng. Alamta Singarimbun dan Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah yang masing-masing membawakan topik tentang energi surya, energi nuklir, energi panas bumi dan energi angin. Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa, guru, dosen dan peneliti baik dari dalam maupun luar Bandung. 

Salah satu manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari pelaksanaan seminar ini adalah memberikan wawasan pada peserta tentang kontribusi Fisika dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan serta memberikan wawasan pada peserta tentang perkembangan penelitian dalam bidang energi terbarukan di Indonesia yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran Fisika di sekolah dan perguruan tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

content top